-->

[Bagian 2] Pemrograman Berbasis Objek Java

Program sederhana menggunakan Java programming dengan spesifikasi yaitu class utama dan 3 objek. Setiap objek memiliki minimal 3 method dan 2 constructor.

Pemrograman Berbasis Objek Menggunakan Java
Java programming



Aku membuat program bernama perbengkelan, memiliki 3 objek.

Objek pertama bernama pengendara yang terdiri dari atribut usia, jenisKelamin, dan pekerjaan.

Objek kedua bernama montir yang terdiri dari atribut keahlian, banyakShift, dan bayaran.

Dan terakhir bernama sepeda yang terdiri dari atribut percepatan, jarak dan waktu.

Berikut source code yang dibuat:



//SOURCE CODE UNTUK PROGRAM UTAMA



package perbengkelan;

/**
 *
 * @author hell
 */
public class Perbengkelan {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
     
        //CONSTRUCTOR UNTUK OBJEK PENGENDARA
     
        //constructor 1, untuk parameter usia dan jenis kelamin
        Pengendara sepeda1 = new Pengendara(28, "perempuan");
        //menampilkan nilai usia dan jenis kelamin ke layar
        System.out.println("Pengendara sepeda berusia " +sepeda1.getUsia()+ " tahun " + "berjenis                  kelamin " +sepeda1.getJenisKelamin());
        //constructor 2, untuk parameter pekerjaan
        Pengendara sepeda2 = new Pengendara("Montir");
        //menampilkan nilai pekerjaan ke layar
        System.out.println("Dia bekerja sebagai " + sepeda2.getPekerjaan());
     
     
     
        //CONSTRUCTOR UNTUK OBJEK MONTIR
     
        //constructor 1, untuk parameter keahlian dan banyakShift
        Montir sepeda5 = new Montir("Menambal ban", 3);
        //menampilan nilai keahlian dan banyak shift ke layar
        System.out.println("Keahliannya adalah " + sepeda5.getKeahlian()+ " dan banyak shift jaga                bengkel per hari adalah " +sepeda5.getBanyakShift());
        //constructor 2, untuk parameter banyakShift
        Montir sepeda6 = new Montir(3);
        //menampilkan nilai hasil hitung bayaran ke layar
        System.out.println("Pendapatan per hari adalah " +"Rp. " +sepeda6.hitungBayaran());
     
     
     
     
        //CONSTRUCTOR UNTUK OBJEK SEPEDA
     
        //menampilkan kalimat ke layar
        System.out.println("Dia berangkat kerja menggunakan sepeda ");
        //constructor 1, untuk parameter percepatan, jarak, waktu
        Sepeda sepeda3 = new Sepeda(10, 10000, 100);
        //menampilkan nilai percepatan, jarak dan waktu ke layar
        System.out.println("Percepatan sepeda : " +sepeda3.getPercepatan()+" m/s^2 ");
        System.out.println("Jarak yang ditempuh " +sepeda3.getJarak()+ " selama "                                          +sepeda3.getWaktu()+ " s " );
        //constructor 2, untuk parameter menghitung jarak dan waktu
        Sepeda sepeda4 = new Sepeda(10000, 100);
        //menampilkan nilai hasil hitung kecepatan ke layar
        System.out.println("Kecepatan yang dialami sepeda " +sepeda4.hitungKecepatan()+ " m/s");

    }
 
}



//SOURCE CODE CLASS PERTAMA DENGAN "PENGENDARA" SEBAGAI OBJEK



package perbengkelan;

/**
 *
 * @author hell
 */
public class Pengendara {
    //deklarasi atribut objek 1 : pengendara
    private int usia; //atribut usia, type data integer, access modifier private
    private String jenisKelamin; //atribut jenisKelamin, type data String, access modifier private
    private String pekerjaan; //atribut pekerjaan, type data String, access modifier private
 
    //constructor 1 dengan nama Pengendara, access modifier public, dan untuk parameter usia dan             jenisKelamin
    public Pengendara(int usia, String jenisKelamin) {
        this.usia = usia;
        this.jenisKelamin = jenisKelamin;
    }

    //constructor 2 dengan nama Pengendara, access modifier public, dan untuk parameter pekerjaan
    public Pengendara(String pekerjaan) {
        this.pekerjaan = pekerjaan;
    }
 
    //method 1,method fungsi untuk menampilkan nilai usia
    public int getUsia() {
        return usia;
    }
    //method 2, method prosedur untuk menset nilai usia
    public void setUsia(int usia) {
        this.usia = usia;
    }
 
    //method 3, method fungsi untuk menampilkan nilai jenisKelamin
    public String getJenisKelamin() {
        return jenisKelamin;
    }
 
    //method 4, method prosedur untuk menset nilai jenisKelamin
    public void setJenisKelamin(String jenisKelamin) {
        this.jenisKelamin = jenisKelamin;
    }
 
    //method 5, method fungsi untuk menampilkan nilai pekerjaan
    public String getPekerjaan() {
        return pekerjaan;
    } 
 
    //method 6, method prosedur untuk menset nilai pekerjaan
    public void setPekerjaan(String pekerjaan) {
        this.pekerjaan = pekerjaan;
    }
 

}


//SOURCE CODE CLASS KEDUA DENGAN "SEPEDA" SEBAGAI OBJEK


package perbengkelan;

/**
 *
 * @author hell
 */
public class Sepeda {
   //deklarasi atribut objek 3 : sepeda
    private int percepatan; //atribut percepatan, type data integer, modifier private
    private int jarak; //atribut jarak, type data integer, modifier private
    private int waktu; //atribut waktu, type data integer, modifier private
 
    //constructor 1 dengan nama Sepeda, access modifier public, untuk parameter percepatan, jarak dan waktu
    public Sepeda(int percepatan, int jarak, int waktu) {
        this.jarak = jarak;
        this.waktu = waktu;
        this.percepatan = percepatan;
    }
    //constructor 2 dengan nama Sepeda, access modifier public, untuk parameter jarak dan waktu
    public Sepeda(int jarak, int waktu) {
        this.jarak = jarak;
        this.waktu = waktu;
    }
 
    //method 1, access modifier public dengan type data integer. Method fungsi untuk menghitung nilai kecepatan dengan rumus jarak/waktu
    public int hitungKecepatan () {
        return jarak/waktu;
    }

    //method 2, method fungsi untuk menmpilkan nilai Percepatan
    public int getPercepatan() {
        return percepatan;
    }
    //method 3, method prosedur untuk menset nilai Percepatan
    public void setPercepatan(int percepatan) {
        this.percepatan = percepatan;
    }
    //method 4, method fungsi untuk menampilkan nilai jarak
    public int getJarak() {
        return jarak;
    }
    //method 5, method prosedur untuk menset nilai jarak
    public void setJarak(int jarak) {
        this.jarak = jarak;
    }
    //method 6, method fungsi untuk menampilkan nilai waktu
    public int getWaktu() {
        return waktu;
    }
    //method 7, method prosedur menset nilai waktu
    public void setWaktu(int waktu) {
        this.waktu = waktu;
    }
 
}



//SOURCE CODE UNTUK KELAS KETIGA DENGAN "MONTIR" SEBAGAI OBJEK


package perbengkelan;

/**
 *
 * @author hell
 */
public class Montir {
 
    //deklarasi atribut objek 2 : montir
    private String keahlian; //atribut keahlian, type data String, access modifier private
    private int banyakShift; //atribut banyakShift, type data integer, access modifier private
    private int bayaran; //atribut bayaran, type data integer, access modifier private
 
    //constructor 1 dengan nama Montir, access modifier public, untuk parameter keahlian dan banyakShift
    public Montir(String keahlian, int banyakShift) {
        this.keahlian = keahlian;
        this.banyakShift = banyakShift;
    }
 
    //constructor 2 dengan nama Montir, access modifier public, untuk parameter banyakShift
    public Montir(int banyakShift) {
        this.banyakShift = banyakShift;
    }
 
    //method 1, type data integer, dengan access modifier public. Jenis method fungsi untuk menghitung nilai bayaran dengan rumus banyakShift * 25000
    public int hitungBayaran () {
        return banyakShift * 25000;
    }
     
    //method 2, method fungsi untuk menampilkan nilai Keahlian
    public String getKeahlian() {
        return keahlian;
    }

    //method 3, method prosedur untuk menset nilai Keahlian
    public void setKeahlian(String keahlian) {
        this.keahlian = keahlian;
    }
 
    //method 4, method fungsi untuk menampilkan nilai banyakShift
    public int getBanyakShift() {
        return banyakShift;
    }

    //method 5, method prosedur untuk menset nilai banyakShift
    public void setBanyakShift(int banyakShift) {
        this.banyakShift = banyakShift;
    }
 
    //method 6, method fungsi untuk menampilkan nilai bayaran
    public int getBayaran() {
        return bayaran;
    }
 
    //method 7, method prosedur untuk menset nilai bayaran
    public void setBayaran(int bayaran) {
        this.bayaran = bayaran;
    }
}


Happy Learning!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel