-->

Apa Saja Pertimbangan VoIP dengan TCP/IP Layers? 7 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja VoIP

Pertimbangan Voice over IP (VoIP) dengan TCP/IP Layers
Pertimbangan Voice over IP (VoIP) dengan TCP/IP Layers

Pengertian VoIP


Pembahasan kali ini mengenai pertimbangan menggunakan VoIP, faktor yang mempengaruhi kinerja VoIP dan keuntungan VoIP dengan TCP layers.

Voice over IP adalah layanan telepon yang melalui koneksi internet, mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital sebelum dikirim ke penerima melalui internet.

Menurut kamus Cambridge, VoIP atau Voice over Internet Protocol adalah sebuah teknologi yang memungkinkan orang untuk melakukan panggilan telepon melalui internet.

Pertimbangan menggunakan VoIP


Biaya yang rendah untuk pengguna, fleksibilitas untuk bisnis dan penggunaan pribadi. VoIP dapat digunakan dimana saja selama kita terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Keuntungan VoIP menggunakan TCP/IP Layers


Beberapa TCP/IP protokol digunakan  untuk jaringan data, dan beberapa lagi digunakan untuk telepon VoIP, dan beberapa digunakan keduanya. Setiap protokol berhubungan dari satu sampai lima layer yang membuat model TCP/IP.
  • Layer Aplikasi: Lapisan ini menjamin kualitas dan pengiriman paket VoIP.
  • Layer Transport: Menggunakan protokol UDP untuk mengirimkan paket VoIP dari pengirim hingga penerima.
  • Layer Inter network: IP address yang unik ditambahkan pada setiap VoIP paket yang merutekan pengiriman paket VoIP dari pengirim ke penerima selama panggilan berlangsung.
  • Layer Network interface: MAC address ditambahkan pada setiap paket. Diberikan oleh NIC.
  • Layer Physical: Mengkonversi semua paket ke bentuk sinyal elektrik atau optikal elektrik untuk dibawa melalui jaringan lokal atau eksternal

Keuntungan menggunakan TCP/IP layers yaitu:


  1. Pada aplikasi layer terdapat Network Time Protocol (dapat memastikan sinyal dikirim dan diterima dalam jangka waktu yang tepat untuk menjamin kualitas), Real-Time Transport Protocol (menyediakan end-to-end jaringan transport untuk sinyal suara digital dienkapsulasi di VoIP paket), dan Real-Time Transport Control Protocol (memonitor sinyal suara yang dikirim dan menjamin pengiriman paket). Ketiga protokol ini dikombinasikan dalam kecepatan nanodetik untuk mengirim paket suara VoIP.
  2. Pada transport layer menggunakan protokol User Datagram Protocol (UDP) yang digunakan untuk jaringan real-time video konferensi. Karena suara adalah informasi real-time, sehingga lebih penting jika paket suara sampai ke penerima secepat mungkin. Maka dari itu digunakan UDP pada lapisan transport.

Faktor yang Mempengaruhi Lambatnya Kinerja VoIP


Koneksi internet yang lambat karena sinyal yang hilang/signal loss. Parameter untuk mengukur kualitas panggilan pada VoIP, yaitu:

Audio Codec


Digunakan untuk menekan/mengecilkan/compress sinyal audio pada ujung yang satu lalu mengembalikannya pada ukuran yang semula/decompress pada ujung yang lainnya.

Tipe codec yang digunakan dapat mempengaruhi kualitas panggilan, semakin tinggi kompresinya, semakin kecil ukuran data yang dapat dikirim ke penerima.

Jika Codec sangat komples untuk diimplementasikan, lebih banyak sumber daya CPU yang diperlukan dan akan mempengaruhi kualitas panggilan VoIP.

Latensi


Latensi jaringan disebabkan karena jarak yang harus ditempuh paket dan juga perubahan kondisi jaringan. Semakin jauh jarak yang harus ditempuh sebuah paket untuk dikirim, semakin tinggi delay-nya.

Delay juga tergantung pada banyaknya  hops pada router yang harus dilalui paket untuk sampai ke tujuannya. Algoritma kompresi juga mengakibatkan delay.

Jitter dan Jitter Buffer


Ketika paket dikirim dari Codec setelah dikompresi, paket tersebut dikirim dalam rate yang konstan dengan jarak yang sama diantaranya.

Ketika paketnya diterima di sisi penerima, algorima dekompresi mengharapkan paketnya tiba dengan jarak yang sama diantaranya dan dalam urutan yang sama ketika dikirim.

Akan tetapi karena jaringan membebankan delay pada tingkatan paket, sehingga paketnya mungkin tiba pada interval waktu yang berbeda, dan tidak tiba dalam urutan yang sama seperti saat dikirim.

Untuk mengatasi hal ini, terdapat sebuah jitter buffer kecil pada ujung penerima yang menyebabkan perhitungan delay tertentu sebelum mengirim paket untuk didekompresi.

Buffer Jitter menyebabkan delay kecil untuk mengumpulkan sejumlah paket untuk diatur ulang dalam urutan yang tepat serta menyebabkan jarak yang sama diantaranya sebelum mengirimnya untuk dekompresi.

Packet Loss


Paket loss disebabkan oleh beberapa hal seperti paket yang bertabrakan dengan paket lainnya, error pada media fisiknya, dan link yang overload.

Codec melakukan operasi tertentu untuk mengatasi paket loss seperti menggunakan paket sebelumnya atau melakukan interpolasi yang lebih canggih untuk memperkirakan kehilangan ini.

Paket yang hilang lebih dari 5% dapat menurunkan kualitas suara atau menyebabkan delay yang merugikan.

Packet Size


Jika ukuran paket lebih tinggi, maka bandwidth keseluruhan akan berkurang karena lebih banyak informasi yang bisa dipaketisasi ke dalam satu paket dan terdapat informasi header yang perlu ditambahkan di setiap paket yang dikirim.

Jika ukuran paket terlalu besar, maka akan menimbulkan delay yang menyebabkan pengirim harus menunggu untuk beberapa waktu untuk mengisi payload.

Silence Supperssion


Beberapa vendor mengambil kesempatan untuk mengurangi bandwidth yang dibutuhkan untuk transportasi voice packet melalui link WAN yaitu dengan cara mengirim beberapa paket pada saat si penerima telepon/pendengar sedang mendengarkan informasi dari si pengirim, seharusnya tidak boleh seperti ini.

Echo


Terdapat 2 macam echo yaitu hybrid echo dan acoustic echo. Hybrid echo dihasilkan dari ketidaksesuaian impedansi pada titik analog/digital dalam jaringan, sedangkan acoustic echo dihasilkan di telepon, ini terjadi ketika suara yang keluar dari speaker diangkat oleh mikrofon.


Kesimpulan


TCP/IP layers sangat membantu kinerja VoIP dalam layer aplikasi dan transport.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel