-->

Cerita pengalaman tentang beasiswa XL Future Leader (XL FL) bersama Louisa

Cerita pengalaman tentang beasiswa XL Future Leader (XL FL)
Cerita pengalaman tentang beasiswa XL Future Leader (XL FL)


Sharing Session Beasiswa XL


Sudah cukup lama tidak mendengar kabar dari Louisa. Kali ini Louisa ingin berbagi cerita yang dia dapatkan dari sharing session halo buddy!

Sebuah komunitas yang dibentuk oleh beberapa mahasiswa di suatu kampus ternama luar pulau Jawa yang memiliki tujuan untuk saling membantu dalam mendapatkan beasiswa terkhusus untuk mahasiswa dalam jenjang strata 1.

Louisa bukan anggota dari komunitas tersebut, dan dia juga bukan mahasiswa dari kampus tersebut.

Louisa.. dia.. dia hanya sekadar ingin mendengarkan sharing session untuk mengisi waktu luangnya pasca lulus alias kontrak berakhir dari program magang GPIP Telkom.

Dia mendapatkan informasi sharing session ini dari seorang teman yang berteman dengan seseorang yang merupakan panitia dari kegiatan tersebut, ok, cukup rumit ya. 

Sharing session ini bertujuan untuk menyampaikan tips n trick untuk memenangkan suatu beasiswa, lebih tepat untuk diterima dalam beasiswa tersebut.

Terdapat dua pembicara saat itu, penerima beasiswa XL Future Leader, dan penerima beasiswa Cargill Global Scholars.

Dalam artikel ini akan dibahas sharing session dari penerima beasiswa XL Future Leader. Perlu diingatkan kembali bahwa bukan Louisa yang menerima beasiswa XL Future Leader tersebut, Louisa hanya menyampaikan ulang apa yang sudah disampaikan oleh narasumber aslinya.

Perusahaan XL Axiata


Perusahaan XL Axiata adalah perusahaan yang bergerak dalam industri telekomunikasi. Terdapat 3 perusahaan besar yang bergerak dalam industri telekomunikasi di Indonesia yaitu XL, Telkom Indonesia, dan Indosat ooredoo.

Sudah sangat jelas bahwa mereka bersaing dalam mendapatkan banyak pelanggan dan memberikan layanan yang terbaik. Perusahaan XL memiliki visi "To be the most preferred data connectivity provider in Indonesia by 2020" alias "Untuk menjadi penyedia konektivitas data yang paling disukai di Indonesia pada tahun 2020".

Sedangkan misinya adalah "We bring the world closer in a simple way for a brighter life" alias "Kami mendekatkan dunia dengan cara sederhana untuk kehidupan yang lebih cerah", sumber terjemahan dari Google translate ya.

Untuk mencapai visi dan misi tersebut, perusahaan ini membuat sebuah program beasiswa yang bernama XL Future Leader, yang memiliki tujuan inti untuk menciptakan pemimpin-pemimpin yang berkualitas di masa mendatang.

Alur Mendapatkan Beasiswa XL Future Leader


Administrasi


Proses untuk mendapatkan beasiswa ini cukup panjang, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama, administrasi.

Narasumber tidak menjelaskan secara detail mengenai dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk proses administrasi, beliau hanya menjelaskan bahwa administrasi dilakukan secara online di web resmi XL Axiata.

Tes Online


Kedua, tes online yang terdiri dari psikotes dan english ability test. Dan sekali lagi narasumber tidak menjelaskan secara detail tesnya sepeti apa.

Louisa memperkirakan bahwa tes psikotes seperti tes psikotes pada umumnya (TKD, tes wartegg, tes gambar orang lengkap, tes gambar pohon lengkap, dan mungkin ada EPPS juga).

Untuk english ability test mungkin sama seperti english ability test dari rekrutmen GPTP Telkom Indonesia.

Leader Group Discussion LGD


Ketiga, Leader Group Discussion (LGD). Narasumber hanya menyampaikan jika LGD ini tidak memiliki moderator, para pesertalah yang mengontrol jalannya diskusi, tentu saja kebanyakan peserta bersikap ingin memimpin jalannya diskusi ini.

Perihal topik yang dibahas dalam LGD ini, Louisa memprediksikan bahwa topiknya seputar revolusi industri 4.0, atau mungkin yang lebih klasik seperti "Bagaimana menghadapi rekan/partner kerja yang bermalas-malasan dalam mengerjakan projek?".

Study Case


Keempat, study case. Lagi dan lagi narasumber tidak memberikan keterangan yang lebih spesifik mengenai topik study case. Louisa memprediksikan bahwa study case-nya seputar teknologi, industri 4.0 atau telekomunikasi.

Berhubung pesertanya tidak hanya berasal dari mahasiswa jurusan teknik telekomunikasi, study case-nya mungkin beragam berdasarkan jurusan peserta.

Pertanyaan study case di bidang telekomunikasi biasanya seperti "Jika ingin membangun FTTH di perumahan x yang memiliki jumlah rumah y, hal-hal apa yang harus dilakukan?" atau mengenai seputar metro ethernet dsb.

Interview


Dan yang terakhir kelima, interview. Inilah hal yang paling menegangkan diantara semua alur seleksi mendapatkan beasiswa tersebut. Yep. Tahap akhir yang menentukan kita akan berakhir seperti apa.

Keuntungan Beasiswa XL Future Leader


Beasiswa ini berlaku selama 2 tahun, benefit yang didapatkan selama mengikuti beasiswa ini  yaitu:
  • workshop dengan fasilitator terbaik
  • konferensi nasional sebanyak 2x
  • travelling/family gathering
  • mendapatkan bingkisan dari kakak-kakak fasilitator yang berkunjung ke luar negeri. 
Poin yang terakhir mungkin tergantung dari tipe orang fasilitator seperti apa yang akan didapatkan nanti, berhubung tipe orang itu berbeda-beda, ada yang memang suka memberi hadiah, ada yang suka mentraktir makan di restoran, dsb.

Bonus benefit yang didapatkan adalah dipinjamkan laptop, smartphone, pulsa 200K per bulan, dan paket data gratis.

Selain benefit secara material, peserta juga akan mengasah softskill leadership, critical and creative thinking.

Menjadi bagian dari penerima beasiswa ini juga menantang, karena peserta dituntut untuk ikut serta dalam beberapa projek XL (detail projeknya seperti apa, narasumber tidak memberikan keterangan lebih lanjut), mampu untuk berpikir kritis, memberikan ide-ide yang inovatif yang disertakan oleh data yang aktual dan realistis tentunya.

Networking atau relasi atau lingkup pertemanan para penerima beasiswa ini juga akan semakin luas tentunya, mereka akan bertemu dengan beraneka ragam manusia yang disertai oleh skill-skill hebat yang mereka miliki, mereka juga memiliki grup atau forum para alumni yang telah mendapatkan beasiswa ini mulai dari angkatan 1 hingga angkatan yang terakhir yaitu angkatan 8.

Beasiswa ini hanya sebatas mendapatkan benefit tersebut, tidak lebih dan tidak kurang. 

Kesimpulan


Tidak ada jaminan jika telah menyelesaikan beasiswa ini, para peserta akan langsung diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan XL Axiata.

Para peserta tentunya harus melalui tahap rekruitasi karyawan tetap juga, sama seperti masyarakat umum lainnya.

Tapi tentunya para peserta ini sudah terlebih dahulu mengenal XL lebih dalam, dan memiliki pengalaman yang lebih banyak dengan XL. Semangat buat kalian para pejuang beasiswa! Peluk hangat dari Louisa untuk kalian.

Happy Living! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel