-->

Pengalaman Tes Rekrutmen Paragon Technology and Innovation 2020


Pengalaman Tes Rekrutmen Paragon Leader Development Program (PLDP) di Paragon Technology and Innovation berupa tes tulis tahap (1, 2), interview (HR, user)

Pengalaman Tes Rekrutmen Paragon Technology and Innovation 2020
Emina, Makeover, Wardah, IX

Informasi Lowongan Kerja Paragon PLDP 2020


Setelah mengikuti program Digital Talent Scholarship yang diadakan oleh Kominfo selama 30 hari alias 1 bulan, berbekal keterampilan hasil program tersebut, Julian memberanikan diri untuk mendaftar di Paragon Leader Development Program (PLDP).

Walaupun Julian merasa kalau skill leadership yang dia miliki belum cukup baik dan masih butuh diasah, tapi Julian tetap percaya diri untuk mendaftarkan dirinya.

Berawal dari informasi yang beredar di akun-akun lowongan kerja di instagram, Julian melihat poster lowongan kerja perusahaan Paragon Technology and Innovation yang sedang membutuhkan Customer Development (PLDP), Market Development (PLDP), Human Resources (PLDP), Logistic (Operational), Field Controller (Operational), Assistant Trainer (Operational), dan Administration (Operational).

Pelamar diperbolehkan untuk memilih 2 posisi yang sedang dibuka oleh Paragon. Pada akhirnya Julian memilih Customer Development (PLDP) sebagai posisi 1, dan Assistant Trainer (Operational) untuk posisi 2.

Tidak ada aturan untuk memilih 1 posisi PLDP dan 1 posisi operational, pelamar dibebaskan untuk memilih posisi yang mana saja selama pelamar memenuhi syarat.

Fresh graduate sangat diperbolehkan untuk mendaftarkan diri. Walaupun sebenarnya Julian sudah tidak termasuk dalam kategori fresh graduate, dia sudah mendapatkan gelarnya tepat 1 tahun yang lalu.

Proses Rekrutmen Paragon PLDP 2020


Administrasi


Setelah melakukan pendaftaran melalui sebuah link yang disediakan oleh pihak Paragon, selang beberapa minggu akhirnya Julian mendapatkan e-mail dari seorang HR Paragon yang memintanya untuk mengonfirmasi kehadiran untuk tes tulis tahap 1.

E-mail-nya tidak hanya berisikan link untuk konfirmasi kehadiran, tapi juga berisikan daftar nama peserta yang lolos dan diundang untuk tes tulis tahap 1.

Ada 17 halaman dalam daftar nama peserta tersebut, di bagi menjadi 3 shift, diperkirakan 1 shift bisa berisikan 150 peserta, artinya terdapat 450 peserta yang dundang untuk tes tulis tahap 1 ini.

Mungkin pihak HRD tidak melakukan screening data diri terlebih dahulu, semua pelamar diperbolehkan untuk mengikuti tes tulis tahap 1 ini. Peserta diminta untuk membawa CV format Paragon yang sudah dikirimkan melalui e-mail dan alat tulis (pensil 2B, pensil HB, pulpen non gel, penghapus, dan serutan pensil) saat pelaksanaan tes tulis tahap 1 ini.

Tes Tulis Tahap 1 Paragon


Julian kebagian untuk mengikuti tes pada shift kedua. Dia sangat yakin bahwa dia akan bertemu dengan beberapa orang yang dia kenal saat tes nanti.

Dan ternyata dugaannya sangat tepat! Dia bertemu dengan beberapa teman yang juga masih mencari pekerjaan seperti Julian ini.

Tes tulis tahap 1 ini berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Tesnya terdiri dari:

  • TKD (Aritmatika sederhana (penjumlahan, pengurangan, pengkalian dan pembagian), 
  • mencari gambar yang relevan dengan beberapa gambar yang sudah diketahui, 
  • sinonim-antonim, 
  • dan mencari gambar yang mirip dengan gambar yang sudah diketahui). 
  • Setelah TKD, tes selanjutnya adalah tes koran pauli. 
Setelah mengerjakan semua tesnya, selang 1 jam sudah ada pengumuman yang lolos untuk tes tulis tahap 2.

Dari 120 peserta yang mengikuti tes pada shift kedua, hanya 30 orang yang lolos untuk tahap selanjutnya, begitu juga dengan yang mengikuti shift pertama dan ketiga. Jadi total peserta yang akan mengikuti tes tulis tahap 2 kurang lebih 90 orang.

Tes TulisTahap 2 Paragon


Tes tulis tahap 2 dilaksanakan sehari setelah tes tulis tahap 1. Tesnya terdiri dari:

  • tes tulis personal seperti "keluarga bagi saya adalah..", "saya bagi keluarga adalah.." dan sebagainya,
  • tes wartegg beserta keterangan (gambar yang disukai, gambar tidak disukai, gambar yang paling rumit dibuat, dan gambar yang paling mudah dibuat), 
  • tes gambar orang lengkap beserta keterangan (siapa dia, jenis kelamin, umur, aktivitas, 3 sifat kelebihan dan 3 sifat kekurangan), 
  • tes wawancara tulis seperti "Ceritakan tentang diri anda!", "Ceritakan tentang kegiatan sehari-hari anda!", "Mengapa mendafatar posisi tersebut?", "Apa inovasi yang kamu sarankan bagi Paragon?", "Berapa gaji yang kamu harapan? All in/take home pay" dan sebagainya. 
  • tes EPPS sebanyak 225 soal. 
Semua rangkaian tes tulis tahap 2 ini berlangsung 1/4 hari. Untuk tes selanjutnya adalah interview HCM, dan yang terakhir interview user.

Pengumuman kelulusan tes tulis tahap 2 ini akan diinformasikan paling lama 1 bulan dari hari tes, jika dalam rentang 1 bulan ini peserta tidak mendapatkan panggilan interview HCM melalui SMS atau telepon atau pun e-mail, maka peserta dintayakan gagal dalam rekrutmen kali ini.

Peserta masih diperbolehkan untuk melamar pekerjaan di Paragon selama peserta memenuhi syarat yang ditentukan. 

Kesimpulan


3 hari setelah tes tulis tahap 2, seorang teman menghubungi Julian melalui sosial media untuk menginformasikan bahwa dia mendapat panggilan interview melalui SMS.

Yep. Sepertinya Paragon belum berjodoh dengan Julian. Julian memeriksa inbox pesan, pesan terakhir yang dia terima berasal dari operator seluler yang menawarkan paket data internet dengan harga yang fantastis. Semoga artikel ini membantu kalian. Salam hangat dari Julian untuk kalian.

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel