-->

Kehidupan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi

Ingin tahu kehidupan mahasiswa teknik seperti apa? Simak aritkel ini. Kalian akan tahu tentang beasiswa, pengabdian masyarakat, penelitian, kegiatan sosial

Kehidupan Mahasiswa Teknik Telekomunikasi
Revolusi Industri 4.0


Perkenalan


Kuliah di jurusan S1 TT ini kami mempelajari banyak mata kuliah eksak. Berkutat pada angka-angka dan rumus yang matematis sudah menjadi hal yang biasa bagi kami. Kurikulum yang digunakan berbasis CLO. Belajar di kelas tak cukup untuk memahami mata kuliah yang diajarkan, sehingga mengharuskan kami untuk lebih sering membaca lagi dan belajar kelompok di perpustakaan atau di gazebo sekitar gedung perkuliahan dan internet juga merupakan media yang sangat membantu kami dalam belajar. 

Beasiswa


Terdapat banyak jalur untuk mendapatkan beasiswa di kampus kami, seperti beasiswa SMK yang merupakan beasiswa bagi alumni SMK Telkom peringkat 1 hingga 3, kami mendapatkan potongan BPP 100% ada juga yang hanya 50%. Selain beasiswa SMK, ada juga beasiswa bidikmisi bagi yang kurang mampu, beasiswa the best 3, beasiswa OSN bagi mahasiswa yang pernah menjuarai OSN, beasiswa kopertis bagi mahasiswa yang berprestasi, kami mendapatkan uang saku per semester, dan beberapa beasiswa lainnya yang informasinya dapat diakses di website resmi tel-u. 

Penelitian


Pada tingkat 4, kami akan melakukan penelitian tugas akhir dengan bimbingan dari dosen, yang dapat mencakup bidang keahlian sinyal, transmisi maupun jaringan. Penelitian tidak hanya dilakukan untuk kepentingan tugas akhir.

Ada juga penelitian yang dilakukan dengan tujuan lain. Seperti halnya penelitian yang dilakukan oleh asisten-asisten riset pada laboratorium-laboratorium di fakultas teknik elektro khususnya jurusan S1 TT. penelitian yang dilakukan oleh para asisten riset seperti digital image processing, digital audio processing, teknologi komunikasi 5G, dsb.

Aktivitas kami di lab selain melakukan riset yaitu ikut serta dalam kegiatan pameran yang bertujuan untuk mengenalkan hasil riset kami kepada masyarakat umum, ikut serta dalam kompetisi seperti PKM, gemastik dsb, mengadakan pelatihan untuk civitas kampus, dan mengadakan pengabdian masyarakat. 

Pegabdian Masyarakat dan Kegiatan Sosial


Pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa S1 TT kebanyakan diadakan oleh HMTT. Pengabdian masyarakat ada juga yang diadakan oleh para dosen seperti pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen KKPSI mengenai pelatihan ujian berbasis komputer tingkat SMP yang berada di sekitar tel-u. Pengabdian masyrakat yang dilakukan HMTT seperti : 

  • Senam sehat HMTT : senam sehat merupakan agenda minggu pagi yang bertujuan untuk mewadahi masyarakat sekitar Universitas Telkom dalam bidang olahraga serta meningkatkan kepekaan diri terhadap masyarakat sekitar. 
  • Bina desa : bina desa adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan sesuai bidang yang diinginkan, mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat di perkuliahan, serta mempererat hubungan kekeluargaan antara kampus dengan masyarakat desa yang dibina. 
  • Donor darah : acara ini bertujuan untuk mengajak rekan-rekan mahasiswa berpartisipasi mendonorkan darahnya untuk mereka yang membutuhkan, dan juga untuk menumbuhkan rasa peduli kepada sesama, dan lebih menghargai kehidupan yang kita miliki. 
  • Charity HMTT X Sebung Bandung : kegiatan bakti sosial yang dikelola secara optimal dan terorganisir sebagai sarana bantuan materiil bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam acara charity ini HMTT berkolaborasi dengan komunitas sosial Bandung yaitu sebung (sego bungkus) dengan maksud memperkenalkan HMTT khalayak luas.

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel