-->

Pengalaman Magang di BPJS Kesehatan 2018

Cerita pengalaman basic on job training, geladi, atau magang di BPJS Kesehatan. Proses masuk magang, kegiatan selama magang, dan hal menarik selama magang.

Pengalaman Magang di BPJS Kesehatan 2018
BPJS Kesehatan Logo


Intro


Noah akan berbagi cerita mengenai pengalaman geladi di BPJS Kesehatan. Saat itu Noah berada di tingkat 2 perkuliahan di salah satu kampus yang berlokasi di Bandung. Geladinya berlangsung di tahun 2017 sekitar bulan Juni sampai Juli, hanya 1 bulan.

Awalnya Noah berencana untuk geladi di Telkom Indonesia, tapi takdir berkata lain. Noah tidak kebagian geladi di sana karena kurang cepat memilih Telkom di web kampus, pada akhirnya Noah geladi di BPJS. Noah menyesal? Tidak juga, pengalaman bisa didapatkan dimana saja, yang terpenting adalah komitmen dan sikap profesional. 

Tadinya Noah mengira BPJS itu BUMN juga loh, tapi sepertinya bukan. Noah geladi di BPJS bersama seorang teman, Linda. Linda adalah tipe orang yang ektrovert, dia seneng bergaul dan menonjol, sedangkan Noah bicara seperlunya dan lebih senang menyelesaikan pekerjaan dengan tenang tanpa banyak bicara. 

Kegiatan Magang BPJS Kesehatan


Pekerjaan di BPJS lebih kepada pekerjaan administrasi, pekerjaan yang sering dilakukan oleh orang-orang tata usaha di sekolah. Mulai dari menata ulang dokumen-dokumen peserta prolanis, mengisi data kuisoner peserta prolanis di google form, mengisi data peserta prolanis di web BPJS, hingga mengerjakan pekerjaan di bagian pelayanan.

Semuanya sudah dilakukan Noah dan Linda. Pekerjaannya sangat banyak, sampai harus lanjut dikerjakan di rumah. Pekerjaan-pekerjaan ini tidak memerlukan keahlian programming ataupun mendesain, melainkan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, ketekunan dan kecepatan jari jemari dalam mengetik dan menginput data. Lelah? Ya, sungguh melelahkan. Tapi beginilah hidup, kalau tidak lelah, tidak hidup. 

Kesan dan Pesan


Berhubung Noah geladinya cuma sebulan, jadi pekerjaan yang dilakukan itu-itu saja sampai selesai. Yang paling berkesan adalah pekerjaan di bagian pelayanan, langsung berhadap dengan pesertanya.

Membantu mereka dalam verifikasi berkas dan memandu mereka dalam pengisian berkas, terkadang Noah dan Linda juga harus menjelaskan kepada mereka program-program yang ada di BPJS ini beserta tagihan iurannya.

Coba kalian bayangkan Noah harus menjelaskan panjang lebar mengenai program BPJSnya ke peserta-pesertanya dari pagi sampai sore. Kering sudah tenggorokan Noah, dan lebih dramtisnya lagi geladinya diadakan di bulan Ramadhan, semakin kering tenggorokan Noah. Pity Noah!

Esensi yang Noah dapat dari kegiatan geladi ini ternyata dunia kerja itu lebih melelahkan daripada dunia perkuliahan. Kalau kalian mau fokus jadi programmer, ya fokus buat terbiasa mengerjakan proyek-proyek dengan deadline yang beruntun. Kalau kalian mau fokus menjadi karyawan seperti sekretaris, admin dll, ya ilmu "excel, word" harus diperdalam lagi. 

Update!
Setelah lulus kuliah, 7 bulan pasca wisuda, Linda mendapatkan sebuah pekerjaan di salah satu bank daerah di Jawa Barat. Sedangkan Noah masih saja mencari pekerjaan. Fighting, Noah!

Happy living! 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel