-->

[Bagian 5] Digitalent AWS IoT Core dan MQTT 2019

Digital Talent Scholarship Kominfo melakukan praktik menggunakan layanan AWS IoT core, MQTT, IBM Cloud, LoRa dan pengukur suhu DHT11. Simak penjelasan ini.

Digitalent AWS IoT Core dan MQTT 2019
Digitalent angkatan 1

Intro


Kalian lagi mencari tutorial apa sampai bisa ada disini? Selamat datang pengunjung baru. Selamat membaca! A few reminder, this is a story about Julian and DTS. Of course! Julian is the main character here, no one else. Here's his story. A story based on true story.  Minggu kelima ini materi yang diajarkan cukup berat, karena Julian basic-nya bukan di bidang informatika tentunya. Dia memang termasuk mahasiswa teknik yang akan mendapat gelar S.T., bukan S.Kom. Julian, fighting!

Hari Keduapuluhsatu (25 Juli) ~ Phython Programming for Gateway ~ Latihan Soal AWS


Pada hari ini membahas mengenai latihan ujian AWS di web cloud guru. Untuk mengakses latihan ujiannya di web tersebut harus membuat akun dengan memasukkan nomor rekening terlebih dahulu.

Hari Keduapuluhdua (26 Juli) ~ AWS MQTT Bagian 1


Pada hari ini, kelas Julian ke bagian jadwal untuk ujian practicioner AWS, tapi dibatalkan karena web DTS sedang mengalami maintenance. Pembahasan hari ini mengenai MQTT. MQTT adalah protokol komunikasi ringan untuk IoT, MQTT itu sejenis HTTP, hanya saja MQTT ini memiliki konsep publish/subscribe. MQTT ini sangat bandwidth-efficient dan memerlukan tenaga baterai yang sedikit. Praktik hari ini bertujuan untuk testing AWS MQTT client menggunakan MQTT fx. 

Langkah pertama adalah membuat thing di menu IoT core, dan mendapatkan file certificate root CA, private key, dan certificate thing. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:
  1. Login di akun AWS Educate. Jika belum memiliki akun, silahkan sign up terlebih dahulu.
  2. Klik menu "AWS Account" yang terletak di pojok kanan atas dari menu home.
  3. Klik "AWS Educate Starter Account".
  4. Pada halaman workbench, klik "AWS Console".
  5. Pada menu Find Services, klik service "IoT Core".
  6. Pada menu AWS IoT, klik "Manage".
  7. Klik "Things".
  8. Klik "Register a Thing".
  9. Klik "Create a Single Thing".
  10. Ketik nama projek kalian pada kolom "Name".
  11. Klik "Next".
  12. Klik "Create Certificate".
  13. Pada halaman "Certificate created!", klik "Download" untuk "A Certificate for This Thing", "A Private Key", dan "A Root CA". Lalu klik "Activate", lalu klik "Done". Saat mengklik download untuk a root CA, user akan dialihkan ke halaman baru. Pada halaman baru tersebut, klik "Amazon Root CA 1". Lalu copy dan paste script yang muncul ke notepad, save dengan format ".pem".
Langkah kedua adalah membuat policy untuk thing yang telah dibuat pada langkah pertama. Dan mengkonfigurasi thing pada AWS. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  1. Pada menu AWS IoT, klik "Secure".
  2. Klik "Policies".
  3. Pada kolom "Action", ketik "iot:*".
  4. Pada kolom di bawahnya, ketik "*".
  5. Klik "Create".
  6. Klik menu "Certificates".
  7. Klik menu "Details".
  8. Klik "Attach".
  9. Kembali ke menu "Things" pada menu AWS IoT yang "Manages". Pada menu "Policies", akan terlihat policy yang ditambatkan pada thing. Klik "policy" tersebut. Pada menu "Interact" terlihat REST API dan kawanannya.
Langkah ketiga adalah melakukan konfigurasi padd MQTT fx. Bagi yang belum pernah mengunduh software ini, silahkan diunduh. Setelah diundah dan di-install, langkah selanjutnya sebagai berikut:

  1. Klik pengaturan.
  2. Broker port diisi dengan 8883. Broker address diisi dengan alamat REST API pada menu "Interact" di langkah kedua. Pada menu SSL/TLS, unggah semua sertifikat yang sudah diunduh pada langkah pertama. Klik "Apply".
Langkah keempat adalah melakukan testing MQTT client, publish dan subscribe. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada menu "Publish" terdapat kolom di samping kiri tombol publish, paste perintah update yang bisa di-copy pada menu "Interact" di langkah kedua yang bagian MQTT "Update to this thing shadow".
  2. Pada kolom di bawah tombol publish, silahkan ketik kalimat yang ingin di-publish.
  3. Klik tombol "Publish".
  4. Pada menu "Subscribe", klik tombol "Subscribe".
  5. Kalimat yang tadi di-publish akan muncul di menu subscribe.

Hari Keduapuluhtiga (27 Juli) ~ AWS MQTT Bagian 2


Pada praktik hari ini bertujuan untuk mengirim data suhu dan kelembaban pada sensor DHT11 ke AWS MQTT client. 

Tutorial mengirim data suhu menggunakan DHT11 ke AWS MQTT yaitu:

  1. buka aplikasi arduino
  2. untuk install library DHT11 pada aplikasi arduino, silahkan klik sketch lalu include library lalu manage libraries, lalu cari DHT11. Pilih DHT sensor library by Adafruit. Klik, maka akan terinstall
  3. setelah install DHT11, selanjutnya install adafruit unfied sensor, caranya sama seperti poin pertama. Pilih adafruit unified sensor by adafruit. Klik, maka akan terinstall
  4. untuk publish data, silahkan code di editornya, jika membutuhkan source code-nya silahkan hubungi penulis. Lalu klik upload
  5. untuk melihat apakah esp32 sudah terhubung dengan AWS MQTT yaitu dengan cara membuka AWS IoT core
  6. klik menu test
  7. isi subscription topic dengan $aws/things/namatopik/shadow/update 
  8. klik subscribe to topic
  9. data akan otomatis masuk


Hari Keduapuluhempat (29 Juli) ~ LoRa dengan DHT11


LoRa merupakan modul komunikasi yang memiliki jarak jangkauan jauh dengan daya baterai yang rendah. Pada praktik hari ini ada yang bertindak sebagai pengirim (Tx) dan ada yang bertindak sebagai penerima (Rx). 

Untuk tutorial sebagai pengirim (Tx) yaitu:

  1. buka aplikasi arduino lalu install library lora, dht11 by adafruit, dan adafruit unified sensor by adafruit
  2. code pada editor, lalu upload
  3. hasil running program akan muncul di srial monitor

Saat bertindak sebagai Rx tidak membutuhkan sensor DHT11, hanya menggunakan ESP32, USB, modul LoRa dan jumper.

Hari Keduapuluhlima (30 Juli) ~ NodeRed IBM Cloud dan AWS MQTT


Praktik hari ini bertujuan untuk mengaplikasikan fungsi NodeRed. Langkah pertama adalah sign up di IBM cloud. Lalu pilih catalogstarter pack untuk NodeRed. Muncul dashboard-nya, kemudian drag inject pada kolom input. Lalu drag payload pada kolom output. Lalu lakukan deploy. Maka terminal inject akan mengirim paket kosong ke payload-nya, bisa dilihat pada kolom debug-nya seberapa lama terjadinya. Kemudian tambahkan komponen HTTP dan output MQTT. Pada komponen HTTP lakukan setting untuk nama topic yang akan dilakukan. 

Kita akan memiliki unique name untuk URLnya, seperti: 

Buka tab baru, lalu akses 
https://learningwithpenguin.mybluemix.net/nama_topic?variabel_input1=value1 & variabel_input2=value2 

Lalu tekan enter. maka URL tersebut akan mengirim ke HTTP yang telah dibuat pada IBM cloud, hasilnya bisa dilihat pada menu debug. 

Selanjutnya kita akan melakukan sambungan dengan MQTT dengan AWS. Setting komponen AWS, masukkan API end point yg bisa didapatkan di AWS console (manage - thing - interact). Setelah itu pada bagian enable TLS, upload certificate.pem, private.pem, dan root-CA.pem. Ganti port-nya menjadi 8883, masukkan nama topik. Klik add. Lalu deploy. Status MQTT seharusnya sudah connected. Setelah itu, buka bagian AWS console (test - subscribe a topic) masukkan nama topik yang telah di-setting di MQTT, lalu subscibe. Informasi mengenai variable_input1= value1 dan variable_input2=value2 akan diterima di AWS.

Selanjutnya menggunakan ESP32 dan sensor DHT11. Running program pada arduino IDE. Subscribe pada AWS console. Data suhu dan kelembaban akan muncul pada menu AWS IoT bagian test. Tutorial-nya yaitu:

  1. buka aplikasi arduino lalu install adafruit unified sensor by adafruit dan dht11 by adafruit
  2. code
  3. buka website IBM cloud
  4. registrasi pada node red
  5. setelah registrasi, klik visit app URL
  6. pada node red editor, silahkan buat konfigurasinya
  7. data yang masuk dapat dicek pada serial monitor arduino dan console AWS IoT
Selamat belajar. Sampai jumpa di minggu keenam. Salam hangat dari Julian untuk kalian!

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel