-->

[Bagian 6] Digitalent Layanan AWS Database 2019

Digital Talent Scholarship Kominfo membahas layanan AWS MariaDB dan DynamoDB. Melakukan Praktik dengan mikrokontroller ESP32 yang terhubung ke thingsboard.

Digitalent Layanan AWS Database 2019
Digitalent angkatan 1


Intro


Selamat malam! Kali ini Julian kembali menceritakan pengalaman pelatihan DTS di minggu keenam. masih berkecimpung dengan AWS dan IoT. Let's check it out.

Hari Keduapuluhenam (31 Juli) ~ Database dengan AWS MariaDB


Praktik pada hari ini yaitu membuat database dengan AWS MariaDB, sebelumnya harus membuat struktur database-nya dulu, mulai dari isi table, isi kolom dan isi barisnya serta menentukan relation dan primary key. Praktiknya tidak sampai selesai, jadi tidak ada tutorial-nya, cuma sampai buat struktur database. 

Hari Keduapuluhtujuh (1 Agustus) ~ MongoDB


Hari ini Julian izin karena ada kegiatan lain. Ternyata kegiatan hari ini membahas kelompok projek dan projek masing-masing kelompok. Sayang sekali Julian tidak datang, pada akhirnya Julian mendapatkan kelompok yang sisa-sisa, tapi tak mengapa, ternyata Julian dan calon teman kelompoknya akan sangat kompak.

Hari Keduapuluhdelapan (2 Agustus) ~ Buat Konsep Projek (Menggunakan Thingsboard)


Kelompok Julian mengusulkan projek tentang sistem monitoring produksi beras. Diasumsikan bahwa petaninya sudah bisa mengoperasikan mikrokontroller dan produksi berasnya hingga tahap pengemasan, tidak perlu lewat pedagang lagi, beras produksi dari petani bisa langsung dinikmati oleh konsumen. Pada projek ini Julian dan temannya akan membuat bagian sensor node, gateway IoT dan server IoT (Cloud).  Praktik selanjutnya adalah membaca suhu dengan thingsboard, ada hands on-nya. Jika ingin membaca hands on-nya, silahkan memberikan komentar di artikel ini.

Hari Ketigapuluh (6 Agustus) ~ Presentasi PPT dan connect ESP32 dan DHT11 dengan thingsboard 


Pada hari ini praktik yang dilakukan bertujuan untuk menyambungkan ESP32 dan DHT11 dengan thingsboard. Langkah-langkah tutorial bisa dilihat pada hands-on yang telah diberikan. Source code bisa didapatkan di thingsboard guide.

Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya. Semangat belajar! Salam hangat dari Julian untuk kalian!

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel