-->

[Bagian 4] Digitalent AWS SNS dan Thingspeak 2019

Simaklah pembahasan Digital Talent Scholarship tentang wireless LAN, AWS Cloud untuk SNS, menggunakan thingspeak. Talkshow dengan Bapak Kominfo Rudiantara.

Digitalent AWS SNS dan Thingspeak 2019
Digitalent angkatan 1

Intro


Selamat datang kembali! Pada minggu keempat ini akan diadakan pembukaan resmi di regional tempat Julian pelatihan. Loh.. Kok baru pembukaan? Padahal sudah masuk minggu keempat? Mungkin Kominfo punya banyak agenda sehingga tidak sempat untuk melakukan pembukaan regional di minggu pertama. Pada minggu ini juga akan dibagikan toolkit pelatihan. Julian, fighting!



Hari Keenambelas (19 Juli) ~ Wireless LAN



Pada hari ini, kegiatan praktik yang kemarin belum selesai dilanjutkan lagi. Praktik yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat suhu dan kelembaban ruangan yang informasinya diambil dari server. Ketika client sudah terhubung dengan server maka servo akan otomatis bergerak sebagai penanda bahwa terjadi konetivitas.

Sebagai WiFi Client, hal yang harus diketahui agar bisa tersambung dengan server adalah SSID, password dan IP address dari server. Komponen yang digunakan yaitu: USB, breadboard, servo, jumper, dan ESP32. Jika membutuhkan s
ource code pada praktik ke-7 ini, silahkan contact me.



Hari Ketujuhbelas (20 Juli) ~ SNS AWS


Pada hari ini Julian belajar mengenai salah satu layanan dari AWS yaitu AWS SNS yang berfungsi untuk mengirimkan notifikasi kepada pengguna. Berikut tutorial sederhana menggunakan layanan AWS SNS :
  1. Log in di AWS educate, lalu pilih services IoT coreCreate a thing dan download certificate, public key dan private key.
  2. Log in di AWS SNS, lalu create a topicdownload device package, java dan git.
  3. Buka windows power shell, ke folder connect device package. ketik  Set-ExecutionPolicy -ExecutionPolicy Bypass -Scope Process lalu enter, ketik .\start.ps1 . Eksekusi selesai.
  4. Periksa di monitor AWS, akan ada muncul hello world. 



Hari Kedelapanbelas (22 Juli) ~ Libur


Hari ini libur dikarenakan tim instrukturnya sedang menyelesaikan praktikum untuk menggunakan modul LoRa. Untuk menghibur diri dan menghilangkan kejenuhan, lagu mungkin bisa membantu. Cheers!

Hari Kesembilanbelas (23 Juli) ~ Pembukaan Regional


Pada hari ini diadakan pembukaan untuk regional di lokasi pelatihan Julian oleh tim Kominfo di suatu audiotorium yang dihadiri oleh rektor kampus, pak Rudiantara yang saat itu menjabat jadi meteri Kominfo, dan kurang lebih 400 peserta pelatihan DTS. Agenda hari ini yaitu:
  1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya.
  2. Pembacaan doa.
  3. Sambutan oleh rektor kampus.
  4. Ngopi (Ngobrol - ngobrol pintar) bersama pak Rudi dan empat peserta DTS. Sangat dan sangat kebetulan, salah satu dari empat peserta tersebut adalah Julian. Julian ditunjuk oleh instruktur di kelasnya untuk menjadi peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan kepada pak menteri. Sesi ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Julian mengajukan 2 pertanyaan yang membuat dirinya ditertawakan oleh beberapa orang, ntah itu mereka tertawa karena terhibur dengan pertanyaannya Julian atau pertanyaannya Julian benar-benar terdengar bodoh. But that's ok. Let's move on, Julian! It's just another random day to get through.
  5. Materi mengenai industri revolusi 4.0 oleh pak Rudi.
  6. Penampilan bintang tamu.
  7. Penutupan.
  8. Foto bersama.
  9. Makan siang.
  10. Go home!
3 hari sebelum diadakannya pembukaan regional ini, toolkit yang dijanjikan kepada seluruh peserta DTS akhirnya dibagikan oleh pihak Kominfo. Toolkit-nya berupa totebag yang berisi jaket yang ketebalannya tidak melebihi ketebalan sayap seekor nyamuk, flashdisk, dan kartu peserta.

Hari Keduapuluh (24 Juli) ~ REST API (ThingSpeak + Arduino)


Pada hari ini, praktik dilakukan dengan menggunakan talkback yang tersedia pada platform thingspeak. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menambahkan library untuk thingspeak pada arduino IDE. Kemudian masukkan SSID, password, API talkback, dan ID talkback pada source code. Keluaran yang diharapakan adalah ketika memasukan perintah turn_on pada menu talkback, LED pada ESP32 akan menyala dan ketika memasukan perintah turn_off pada menu talkback, LED pada ESP32 akan mati. Komponen yang digunakan yaitu: USB dan ESP32. Source code untuk praktik ke-9 tersedia di website mathwork.

Minggu ini berakhir dengan materi thingspeak. Sampai berjumpa di minggu kelima. Salam hangat dari Julian untuk kalian!

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel