-->

[Bagian 3] Digitalent Kominfo IoT Node 2019

Simak pembahasan Digital Talent Scholarship bidang INTERNET OF THING mengenai sensor, web server, dan bluetooth yang terhubung dengan mikrokontroller ESP32

Digitalent Kominfo IoT Node 2019
Digitalent angkatan 1

Intro


Minggu ketiga bersama Julian di DTS. Minggu ini Julian bersama teman-teman akan melakukan praktek mengenai IoT dengan menggunakan ESP32 sebagai prosesornya. Alat-alat praktikum bukan milik pribadi.

Hari Kesembelas (13 Juli) ~ Sensor


Pada pertemuan kali ini terdapat teori dan praktiknya. Sekitar 30 menit teori dalam kelas, dan selebihnya praktik. Hal yang dibahas mengenai sensor suhu, terutama sensor suhu LM35 yang memiliki 3 kaki yaitu VCC, Output dan Ground. Pin keluarannya berfungsi untuk menghasilkan nilai data, tegangan keluaran analog yang sebanding dengan temperatur (C). untuk tipe data float terdiri dari 32 bit dan tipe data double terdiri dari 64 bit. Untuk ADC 10 bit berarti (0-1023). Tegangan referensi yang digunakan biasanya 3,3 volt. Sensor kelembaban dimana semakin tinggi kadar persennya maka semakin tinggi tingkat kebasahannya.

Praktik hari ini bertujuan untuk menampilkan nilai suhu ruangan pada serial monitor di arduino IDE. Komponen yang digunakan yaitu: Breadboard, LM35, USB, jumper, dan ESP32.

Hari Keduabelas (15 Juli) ~ IoT Node 1 (Web Server)


Hari ini terdapat teori dan kegiatan praktek. Teori yang disampaikan di dalam kelas sebagai berikut:

Berdasarkan ITU-T y.2060, berkomunikasi melalui 3 medium yaitu gelombang listrik, cahaya dan radio. Kapasitasnya terdiri dari :
  • Sensing (penginderaan besaran-besaran fisik) yang artinya isa mengambil informasi dari lingkungannya.
  • Actuation untuk mengubah lingkungan
  • Data capture
  • Data storage
  • Data processing
Mini-PC (Rasperberry Pi) zero yang biasa digunakan.
  • Communication device - WiFi, ethernet shield.
  • Controller
  • Memori
  • Power supply - baterai
  • Sensors, actuators
Volatile adalah hilangnya data ketika dayanya mati. Arduino Uno kekurangannya belum ada kemampuan komunikasi. Flash memori fungsinya untuk menyimpan program. Stack merupakan tumpukan yang terdiri dari 3 yaitu :
  • Local variabel
  • Parameter fungsi
  • Return address
Fungsi rekursif adalah fungsi untuk memanggil dirinya sendiri. ESP8266 merupakan modul yang berdiri sendiri, perangkat komunikasi biasanya menggunakan tegangan 3,3 volt.

Praktik untuk menyalakan LED melalui web browser dengan menggunakan hotspot pribadi. Komponen yang digunakan yaitu: Breadboard, LED, ESP32, USB, jumper, dan resistor. Ketika menekan pushbutton turn_on pada web browser, maka LED akan menyala dan sebaliknya. 


Hari Ketigabelas (16 Juli) ~ Akuator (Servo) dan Web Server


Pada pertemuan hari ini tidak ada teori. Aktuator merupakan pengubah lingkungan. Contohnya seperti LED, ketika LED menyala maka dia mengubah lingkungan di sekitarnya menjadi terang, begitupun sebaliknya. Praktiknya bertujuan untuk menggerakan servo ke kanan dan ke kiri secara bergantian. Komponen yang digunakan yaitu: Breadboard, servo, ESP32, USB dan jumper. Untuk soruce code dapat menggunakan yang tersedia di example > servoESP32 > SimpleServo.


Praktik selanjutnya adalah menggunakan slider untuk mengubah sudut gerak servo melalui web server.

Hari Keempatbelas (17 Juli) ~ Bluetooth



Praktek hari ini bertujuan untuk menyambungkan ESP32 dengan bluetooth menggunakan bluetooth terminal app sebagai pengontrolnya, jika masukannya 1 maka LED 1 akan menyala dan servo akan bergerak ke kiri, ketika masukannya 0 maka LED 2 akan menyala dan servo akan bergerak ke kanan. Sebelumnya harus mengunduh aplikasi bluetooth terminal di play store, kemudian setting. Komponen yang digunakan yaitu: Breadboard, servo, ESP32, LED, USB, jumper dan resistor.

Hari Kelimabelas (18 Juli) ~ Wireless LAN


Praktik hari ini bertujuan untuk mengambil nilai dari sensor DHT11 yang kemudian menyimpan informasinya dan bertindak sebagai WiFi server. Komponen yang digunakan yaitu: USB, breadboard, ESP32, DHT11 dan jumper.

Kegiatan minggu ini sungguh padat akan praktik ya. Sampai jumpa di minggu keempat. Salam hangat dari Julian untuk kalian!


Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel