-->

Metode Transmisi Telekomunikasi


Metode Transmisi Telekomunikasi
Metode Transmisi Telekomunikasi


Metode Lama Transmisi Telco


Transmisi adalah proses pertukaran informasi antara pengirim dan penerima melalui suatu media. Metode transmisi terbagi menjadi 2 yaitu: metode kuno dan metode modern. Metode kuno terdiri dari:

  1. Nyala api, yang betujuan untuk memberikan informasi kepada seseorang bahwa ada sesuatu/seseorang di lokasi nyala api tersebut.
  2. Informasi lisan, yaitu pertukaran informasi yang terjadi secara tatap muka.
  3. Menggunakan batasan kota, yaitu proses transmisi yang melibatkan seseorang yang diamanahkan untuk menyampaikan informasi dengan cara membunyikan gong untuk menarik perhatian orang-orang untuk mendengarkannya.
  4. Menggambar diagram, memberikan informasi bahwa  seseorang pernah tinggal di lokasi tersebut atau meninggalkan sebuah pesan yang hanya orang tertentu saja yang mengetahuinya.

Metode Modern Transmisi Telco


Sedangkan metode modern menggunakan 2 media berupa fisik maupun non-fisik diantaranya:
  • Media fisik/wired, berupa kabel coaxial, kabel twisted pair (UTP dan STP), dan fiber optik.
    • Kabel coaxial memiliki bandwidth yang tinggi, instalasi yang mudah dan murah, tahan terhadap gangguan/noise dan scaling yang lebih baik. Kabel ini biasanya digunakan di TV analog.
    • Kabel twisted pair fisiknya lebih ringan, lebih murah, lebih fleksibel, mudah untuk instalasi, dan memiliki kecepatan yang lebih cepat dibandingkan kabel coaxial. Perbedaan mendasar antara UTP dan STP adalah STP memiliki pelindung terbuat dari metal/logam untuk melindungi kawat yang berfungsi untuk mencegah gangguan dan STP ini memiliki penomoran, semakin tinggi penomorannya maka semakin baik dalam pencegahan gangguan. STP juga digunakan untuk jaringan yang berkecepatan tinggi.
    • Fiber optik menggunakan gelombang cahaya untuk proses transmisi. Sangat cocok untuk voice, data dan video karena memiliki kecepatan transmisi yang tinggi, bandwidth yang tinggi, sangat aman/secure, dan sinyal dapat menempuh jarak yang lebih jauh dibandingkan kabel lainnya.
  • Media non-fisik/wireless, berupa radio, inframerah, satelit, internet, dan gelombang microwave.

Informasi yang ditukarkan berupa voice/suara, data, video, maupun gambar. Sebuah kanal telekomunikasi artinya terdapat minimal 2 stasiun yang dilengkapi dengan perangkat pemancar dan penerima.

Metode transmisi informasi di seluruh kanal tersebut bisa berupa wired, fiber optik ataupun wireless. Beberapa sumber membedakan antara wired dengan fiber optik, sedangkan sumber lain menyebutkan bahwa fiber optik termasuk dalam kategori metode wired.

Ketika terdapat lebih dari 2 stasiun telekomunikasi pemancar dan penerima, maka disebut sebagai jaringan telekomunikasi. Contoh jaringan telekomunikasi dalam skala besar adalah internet, sedangkan untuk skala kecil yaitu: Wide Area Network, telepon, seluler, sistem komunikasi satu arah, dan jaringan broadcast.

Untuk mentransmisikan informasi atau data di seluruh jaringan ini, kita menggunakan sinyal elektrik yang dijadikan sebagai sinyal pembawa/carrier.

Proses modulasi dibutuhkan bagi sinyal pembawa untuk mengirim/menerima data. Proses modulasi bisa berupa analog maupun digital. Contoh modulasi analog yaitu: modulasi amplitudo (AM), seperti yang digunakan di proses radio broadcast pada beberapa frekuensi. Contoh modulasi digital yaitu: internet protokol (IP) untuk membawa data di seluruh jaringan.

Sistem telekomunikasi dijalankan oleh penyedia jasa telekomunikasi dan dikelola oleh badan pengatur seperti FCC di US.

Layanan telekomunikasi ditawarkan oleh penyedia layanan termasuk layanan internet, layanan wireless, radio, televisi, kabel, dan tv satelit.

Kesimpulan


Telekomunikasi penting untuk bisnis, seperti web browsing, email, media sosial, jaringan sosial, konferensi web, layanan telepon, berbagi file/data dll. Berkomunikasi secara efektif antara pelanggan dan karyawan, memungkinkan kolaborasi yang maksimal dan berbagi data.

Telekomunikasi membantu untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja di seluruh organisasi. Semoga artikel ini bermanfaat!

Happy Living!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel